Efektor
Vol 3 No 2 (2016): Efektor Vol 3 No 2 Tahun 2016

Meningkatkan Kompetensi Calon Guru melalui Kegiatan Microteaching berbasis Lesson Study (LS) Mahasiswa Pendidikan Biologi

Zunaidah, Farida Nurlaila (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2016

Abstract

Untuk meningkatkan kompetensi siswa, diperlukan guru yang cakap dan terampil. Untuk dapat membentuk calon guru yang berkompetensi tinggi, Prodi Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI kediri rutin mengadakan kegiatan Microteaching. Pada kegiatan microteaching ini mahasiswa sebagia calon guru diberikan kesempatan untuk banyak menggali ilmu dan mengeksplore kemampuan mengajar dengan teman sebaya mereka. Disisi lain, kegiatan microteaching yang sudah terlaksana masih banyak yang bersifat monoton. Dimana dosen hanya membimbing dan mengarahkan jika ada mahasiswa yang bertanya tentang RPP, silabus atau media yg akan digunakan. Proses microteaching berlangsung seharian yang membuat mahasiswa merasa bosan untuk menyimak. Tujuan dari penelitian ini adalah memasukkan Lesson Study (LS) dalam kegiatan microteaching. Diharapkan dengan adanya LS ini, kegiatan microteaching akan bisa meningkatkan kompetensi mengajar mahasiswa calon guru serta mampu mengurangi rasa bosan ketika mengikuti kegiatan microteaching.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

efektor-e

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal Efektor is a peer review journal published by Research institutions and community service, The University of Nusantara PGRI Kediri. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of ...