AKSIOMA
Vol 9, No 2 (2018): AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Script Dan Snowball Throwing Berbasis Flipbook Maker Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah

ni'mah, khoirotun (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya nilai KPM siswa dan kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan suatu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah (KPM) siswa dengan Cooperative Script (CS) berbantuan Flipbook Maker, Snowball Throwing (ST) berbantuan Flipbook Maker, dan pembelajaran konvensional; (2) ketuntasan KPM siswa antara CS berbantuan Flipbook Maker, ST berbantuan Flipbook Maker, dan pembelajaran konvensional; serta (3) pengaruh aktifitas belajar siswa terhadap KPM. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan di SMK Cut Nya’ Dien. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X. Melalui cluster random sampling terpilih sampel penelitian yaitu siswa kelas AK 1 sebagai kelas eksperimen 1, siswa kelas AK 2 sebagai kelas eksperimen 2, dan siswa kelas TB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes KPM, lembar observasi keaktifan siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan statistik. Uji statistik yang digunakan ANAVA, Uji-t, Uji Scheffe dan Uji Regresi. Hasil penelitian menunjukkan pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan model CS dan ST efektif ditinjau dari KPM berdasarkan ketercapaian  (1) ada perbedaan KPM antara CS berbantuan Flipbook Maker, ST berbantuan Flipbook Maker, dan pembelajaran konvensional; (2) KPM siswa CS berbantuan Flipbook Maker, ST berbantuan Flipbook Maker, lebih baik daripada model konvensional; (3) KPM siswa CS berbantuan Flipbook Maker lebih baik dibanding kelas ST berbantuan Flipbook Maker; (4) ada hubungan signifikan antara keaktifan siswa dengan KPM; (5) ketuntasan belajar individual dan klasikal kelas CS dan ST tercapai.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...