JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 1 (2017)

Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Program Linear

Indah Puspita Sari (STKIP Siliwangi)
Ratni Purwasih (STKIP SILIWANGI)
Adi Nurjaman (STKIP SILIWANGI)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan mahasiswa dalam belajar mata kuliah program linear. Metode penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika STKIP Siliwangi Bandung yang mengikuti mata kuliah program linear. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika STKIP Siliwangi Bandung yang mengikuti mata kuliah program linear pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017 semester 4. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrumen berupa tes diagnostik dan wawancara. Hasil penelitian didapat kesimpulan: (i) tingkat kemampuan mahasiswa awal pembelajaran masih level rendah; (ii) kesalahan mahasiswa pada umunya belum memahami soal dan prakonsep masih rendah; (iii) mahasiswa belum tertanam rasa belajar secara mandiri. Adapun solusi untuk mengatasi hambatan tersebut melalui latihan atai drill soal secara terstruktur dan memberikan soal yang beragam sebagai bahan untuk berlatih. Dosen mencoba menggunakan metode yang berbeda setiap pertemuan di kelas agar mahasiswa tidak mudah jenuh dan berlatih berpikir solusi terhadap persoalan  program linear. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Education

Description

JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is a semiannual journal, published on March and September. JIPM published by Universitas PGRI Madiun. JIPM provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, and students to deliver and share knowledge in the form of empirical and ...