Tujuan penelitian ini adalah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Kelas X SMK Negeri Kabupaten Deli Serdang Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa X SMK Negeri I Percut Sei Tuan dan SMK Negeri I Lubuk Pakam Kab. Kabupaten Deli Serdang yang tersebar dalam 6 kelas dan kelas X jurusan Teknik Bangunan X SMK Negeri I Percut Sei Tuan, dan SMK Negeri I Lubuk yang tersebar dalam 4 kelas.40 siswa Kelas X-A dan X-B Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan 40 siswa Kelas X-A dan X-B Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Tukey.Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD = 23,6 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT = 20,87dengan Fhitung = 8,03> Ftabel = 3,97 (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan kemampuan berpikir logis tinggi = 24,15 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan kemampauan berpikir logis rendah= 23,87 dengan Fhitung = 15,82> Ftabel = 3,97 (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kempuan berpikir logis dalam mempengaruhi hasil belajar konstruksi bangunan dengan Fhitung = 5,03> Ftabel = 3,97
Copyrights © 2018