Penelitian ini berjudul Peningkatan Mahasiswa Membuat Proposal Melalui Direct Learning Model (Studi pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Usman Safri Kutacane). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa untuk membuat proposal setelah belajar langsung di lapangan pada mata kuliah Research and Language Teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk membuat proposal penelitian melalui model pembelajaran langsung. Proses pelaksanaan dilaksanakan secara bertahap dalam penelitian ini. Prosedur dimulai dari (1) rencana tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peningkatan terjadi secara signifikan pada kemampuan siswa untuk membuat proposal penelitian melalui model pembelajaran langsung dengan rata-rata tingkat keberhasilan 91, 57%. Ada peningkatan kemampuan siswa melaksanakan tugas membuat proposal penelitian pada bagian bahasan proposal penelitian. Bagian Bab I Pendahuluan, 90,36% siklus pertama, siklus II meningkat 91,57, dan siklus ketiga maksimal 91 upaya, 57%. Kemampuan mahasiswa melaksanakan tugas membuat proposal penelitian di Bab II Ulasan Teori / Reader, siklus pertama 50, 6%, siklus II telah meningkat secara signifikan 90, 36%, dan pada siklus III juga meningkat untuk 91, 57%. Kemampuan siswa melaksanakan tugas membuat proposal penelitian di Bab III bagian Metode, siklus pertama 18, 07%, siklus II, peningkatan yang signifikan 83, 13%, dan siklus ketiga lebih baik 91, 57%
Copyrights © 2018