Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Kreatif Online

Peningkatan Keterampilan Siswa Membaca Puisi Melalui Metode Pemodelan Di Kelas V SD Inpres 2 Kamarora Kecamatan Nokilalaki Kabupaten Sigi

Kisman, Kisman (Unknown)
Efendi, Efendi (Unknown)
Santoso, Pratama Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah melalui metode pemodelan dapat meningkatkan keterampilan siswa membaca puisi di kelas V SD Inpres 2 Kamarora Kabupaten Sigi. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan siswa membaca puisi melalui metode pemodelan di kelas V SD Inpres 2 Kamarora Kabupaten Sigi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi aktifitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 50%, namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian yakni 80%, maka dilanjutkan pada siklus II. Pada tindakan pelaksanaan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 90%, terdapat 18 siswa yang tuntas dari 20 siswa yang mengikuti tes dan terjadi peningkatan sebesar 40% dari hasil pelaksanaan siklus I. Aktifitas guru, meningkat dari 57,6% pada siklus I menjadi 85,8% pada siklus II. Aktifitas belajar siswa meningkat dari 52% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Dengan demikian, dapat  disimpulkan bahwa melalui metode pemodelan dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas V SD Inpres 2 Kamarora Kabupaten Sigi. Kata Kunci: Keterampilan, Membaca Puisi, Metode Pemodelan

Copyrights © 2018