Penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA di SDN Taopaini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SDNTaopa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I yang tuntas secara individu berjumlah 19 orang dari 26 siswa sehingga diperoleh ketuntasan klasikal 73,07% dan dayaserap klasikal sebesar 72,57%, dari hasil observasi diperoleh rata-rata presentase aktivitas guru sebesar 82,81% dan siswa sebesar 85,94% atau berada dalam kategori baik.  Pada tindakan siklus II yang tuntas secara individu 24 orang sehingga diperoleh ketuntasan klasikal 92,30% dan daya serap klasikal 84,64%, aktivitas siswa dan guru pada siklus II sebesar 93.74% kategori sangat baik. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan daya serap klasikal minimal 70% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 85%. Berdasarkan daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Taopa Kata Kunci :Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar, IPA.
Copyrights © 2018