Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui penggunaan media peta di kelas IV SD Inpres 1 sidondo. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi aktifitas siswa, serta hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 46,6%, namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian yakni 80%, maka dilanjutkan pada siklus II. Pada tindakan pelaksanaan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,3%, terdapat 14 siswa yang tuntas dari 15 siswa yang mengikuti tes dan terjadi peningkatan sebesar 46,7% dari hasil pelaksanaan siklus I. Aktifitas guru, meningkat dari 71,43% pada siklus I menjadi 94,28% pada siklus II. Aktifitas belajar siswa meningkat dari 73,33% pada siklus I menjadi 96,67% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media peta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi persebaran sumber daya alam di Indonesia di kelas IV SD Inpres 1 sidondo. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Media Peta
Copyrights © 2018