Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN NO. 1 Enu pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN NO. 1 Enu pada pembelajaran IPS yang berjumlah 19 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang direncanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu: a) Perencanaan, b) Pelaksanaan tindakan, c) Observasi d) Refleksi. Hasil penelitian pada siklus I didapatkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 37%, aktivitas guru berada pada kategori baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas guru 81% dan aktivitas siswa berada pada kategori cukup yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas siswa 74%. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 89%, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu 95%, dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik yaitu 92%. Berdasarkan indikator keberhasilan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatakan dengan menerapkan metode diskusi kelompok. Kepada tenaga pendidik (guru) kiranya dapat memilih metode diskusi kelompok dalam kegiatan pembelajaran sebagai alternatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran IPS. Kata Kunci : Metode Diskusi Kelompok, Hasil Belajar IPS.
Copyrights © 2018