ABSTRAKNorman (2016), Peningkatan Kemampuan Siswa Memahami Isi Cerita Melalui Metode Diskusi di kelas VI SDN NO.2  Rano. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako.Pembimbing (I) Efendi dan Pembimbing (II) Sahrudin Barasandji.            Permasalahan penelitian ini âApakah melalui metode diskusi kemampuan siswa memahami isi cerita dapat meningkat di kelas VI SDN NO.2 Rano, Kecamatan Balaesang Tanjung, Kabupaten Donggala?â Tujuan Penelitian ini untuk menigkatakan kemampuan siswa memahami isi cerita melalui metode diskusi di kelas VI SDN NO.2 Rano Kecamatan Balaesang Tanjung, Kabupaten Donggala. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus melalui empat tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3)  Observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SDN NO.2 Rano tahun ajaran 2014/2015. Sukjek penelitian adalah 15 siswa ditambah 1 orang guru sebagai pengamat. Pada siklus pertama diperoleh kektuntasan klasikal sebesar 33,33% dan rata-rata daya serap 60%,, masih kategori belum berhasil. Oleh karena itu dilanjutkan pada siklus kedua dan hasilnya ketuntasan klasikal 100% dan rata-rata daya serap meningkat menjadi 85.33% dalam kategori baik karena presentasekeberhasilan siswa sudah tercapai. Dengan demikian tindakan selanjutnya tidak dilaksanakan lagi. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa memahami isi cerita di kelas VI SDN NO.2 Rano dapat ditingkatkan melalui metode diskusi.    Kata kunci : Memahami Isi Cerita; Metode Diskusi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018