Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 04 Tikke.Rumusan masalah yang diajukan yaitu apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Inpres 04 kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian model Kemis dan Mc Taggart. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 04 Tikke yang berjumlah 15 orang. Tes hasil tindakan siklus I diperoleh persentase kentuntasan klasikal sebesar 40%, rata – rata 55,7%. Pada siklus II hasil tes tindakan meningkat. Siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,67%, rata – rata sebesar 82,67%. Berdasarkan hasil tes dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Inpres 04 Tikke. Kata Kunci: Media Gambar,Keterampilan Menulis,Bahasa Indonesia.
Copyrights © 2018