Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Terdiri beberapa aspek perlakuan dan pengamatan utama yaitu  peningkatan keterampilan siswa dalam menulis surat pribadi dengan menggunakan teknik pemodelan. Penelitian dilaksanakan  di SDN Kabinuang, melibatkan 20 orang siswa terdiri atas 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh daya serap klasikal mencapai 76% dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 60%, sedangkan pada observasi aktivitas guru mencapai 58,33% dan siswa 61,66%. Pencapaian ini belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan. Pada tindakan siklus II daya serap klasikal mencapai 88,25% dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 90%. Sedangkan pada observasi aktivitas guru siklus II mencapai 83,33% dan siswa mencapai 86,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik pemodelan dapat meningkatkan keterampilan siswa membuat surat peribadi di kelas V SDN Kabinuang. Kata Kunci: Keterampilan Siswa Menulis Surat Pribadi dan Teknik Pemodelan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017