Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 12 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Lingkungan Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN Tutung Kecamatan Walea Kepulauan

Palewang, Yuliana Y. (Unknown)
Djirimu, Muchlis L. (Unknown)
Jamhari, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Tutung pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Tutung, dengan jumlah siswa 18 orang, terdiri dari 5 orang perempuan dan 13 orang laki-laki yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata 73,33, aspek sikap dengan nilai rata-rata 68,67, dan aspek keterampilan dengan nilai rata-rata 68,33. Hasil tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 100% dengan nilai rata-rata 96,67, aspek sikap dengan nilai rata-rata 81,94, dan aspek keterampilan dengan nilai rata-rata 81,39. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SDN Tutung. Kata Kunci: Media Gambar, IPA, Hasil Belajar.

Copyrights © 2017