Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Pada KelasIV SDN 3 Karamat

Muslimin, Sadam (Unknown)
Tangge, Lilies N. (Unknown)
Husain, Sarjan N (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 3 Karamat. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Karamat dengan menggunakan metode demonstrasi pada matapelajaran IPA. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Karamat yang berjumlah 20 orang. Metode penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu Perencanaan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil analisis tes hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah: siswa yang tuntas 14 dari 20 siswa atau persentase ketuntasan klasikal sebesar 70%, dan daya serap klasikal 70,5%, serta persentase rata-rata hasil observasi aktivitas siswa adalah 65,9% dengan kriteria cukup. Pada siklus II siswa yang tuntas 18 dari 20 siswa atau ketuntasan klasikal 90% dan daya serap klasikal sebesar 79,5%, serta persentase rata-rata hasil aktivitas siswa adalah 79,6% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Karamat. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Mata Pelajaran IPA, Hasil Belajar

Copyrights © 2018