Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 11 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Kabinuang Dalam Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Diskusi Kelas

Muis, Musripan Abd (Unknown)
Lilies, Lilies (Unknown)
Jamhari, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Kabinuang, dengan tujuan untuk meningkatkan belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode Diskusi Kelas. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, serta pemberian tes yaitu tes awal, siklus I dan siklus II. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan aktivitas belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat tes awal Ketuntasan Klasikal 26,66 dari 30 siswa, dimana 8 siswa yang tuntas dan Daya Serap Individu 43,33 %. Pada siklus I Ketuntasan Klasikal 33,33 % dari 30 siswa, dimana 10 siswa yang tuntas, dan Daya Serap Individu 47,33%, nilai Observasi siswa 87,5%, Observasi Guru 83,33% dalam kategori penilaian baik. Pada siklus II Ketuntasan Klasikal meningkat 40%, dimana 30 siswa dan yang tuntas 12 siswa. Dan Daya Serap Individu 51,33 %, Observasi siswa 92%, dan Observasi Guru 91,66% dalam kategori sangat baik. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa, dapat disimpulkan bahwa metode Diskusi Kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Menggunakan Metode Diskusi Kelas.

Copyrights © 2017