Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 10 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Metode Pemberian Tugas Individu di SD Inpres 2 Ogotumubu

Akrim, Akrim (Unknown)
Imran, Imran (Unknown)
Hamid, Abd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2018

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran pemberian tugas individual. Masalah yang hendak dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah dengan siswa di kelas III SD Inpres 2 Ogotumubu. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian 18 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa seiring dengan diterapkannya model pembelajaran pemberian tugas individu yakni dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa yang diperoleh pada siklus I, yakni 56,25% dan 75.00%, serta aktifitas siswa dalam kategori cukup. Pada siklus II diperoleh 75.00% dan 87,50% dengan peningkatan aktifitas siswa berada dalam kategori sangat baik, dan hasil aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama diperoleh 55,00% dan menurut indikator keberhasilan masuk dalam cukup sedangkan pada pertemuan kedua siklus I mengalami peningkatan yaitu nilai yang diperoleh 65.00% dan masuk dalam kategori baik, setelah dilakukan refleksi pada siklus II dan perbaikan pada siklus II maka observasi aktivitas guru dapat meningkat dengan baik yaitu pada siklus II pertemuan pertama nilai yang diperoleh 75,00% dan masuk dalam kategori baik, sedangkan pada pertemuan kedua siklus kedua nilai yang diperoleh 90,00% dan masuk dalam kategori sangat baik, 80,56%. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas individu dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SD Inpres 2 Ogotumubu.Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa ; Metode Pemberian Tugas Individu

Copyrights © 2018