Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Vol 27, No 2 (2018)

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI TANJUNGPINANG-KEPRI

Siriat, Lisken (Unknown)
Nurbayani, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Pendidikan tidak dapat ditafsirkan terbatas sebagai implementasi ilmu pengetahuan saja, melainkan harus lebih luas, sehingga para peserta didik memiliki pemahaman terhadap kearifan lokal. Pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal dapat digunakan untuk memecahkan berbagai masalah. Selain itu, tujuan pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal adalah memberi pemahaman kepada peserta didik tentang nilai-nilai kearifan lokal. Hal tersebut diharapkan dapat menumbuhkan semangat kebangsaan, patriotisme, hingga kebudayaan peserta didik, tanpa etnosntrisme. Di tingkat lokal, pendekatan pendidikan multikultural harus dilakukan secara kontekstual. Dengan demikian peserta didik akan memiliki lebih banyak rasa hormat terhadap keberagaman dan berbagai aspek seperti agama, etnis, dan lain-lain.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpis

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) is the leading journal in Social Studies institutions concerning Social studies and education. The journal is multi-disciplinary, welcoming contributions that advance our understanding of education, science ,and technology as social activities. The journal ...