Journal of Education Technology
Vol 2, No 3 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERMEDIAKAN GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V

Utariasih, Luh Juli (Unknown)
Jampel, I Nyoman (Unknown)
Murda, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bermediakan gambar dan kelompok siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair share. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (ouasi eksperimen), dengan rancangan nonequivalent post-test only control group Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Banjar.Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling.Metode pengumpulan data hasil belajar menggunakan metode tes dengan perangkat tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t dengan rumus polled varians. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bermediakan gambar dan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair share. pada siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Banjar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis hipotesis dengan uji-t, t  (3,292732) > t  (2,022). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (20,64) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol (18,2). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bermediakan gambar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Banjar tahun ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and ...