JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 3, No 4 (2018): JIM PBSI Oktober 2018

PENGGUNAAN METODE THINK TALK WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TANGGAPANKUALITAS KARYA CERPEN DALAM BENTUK TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PEUREULAK

Ina Hartati (Jurusan PBI FKIP Unsyiah)
Saifuddin Mahmud (Jurusan PBI FKIP Unsyiah)
Muhammad Idham (Jurusan PBI FKIP Unsyiah)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

ABSTRAK Judul penelitian ini adalah “Penggunaan Metode Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Menyajikan Tanggapan Kualitas Karya Cerpen dalam Bentuk Teks Ulasan  pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Peureulak”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran menyajikan tanggapan kualitas karya cerpen dalam bentuk teks ulasan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Peureulak? (2) Bagaimanakah proses pembelajaran dengan menggunakan metode Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran menyajikan tanggapan kualitas karya cerpen dalam bentuk teks ulasan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Peureulak? (3) Bagaimanakah hasil pembelajaran dengan menggunakan metode Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran menyajikan tanggapan kualitas karya cerpen dalam bentuk teks ulasan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Peureulak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menjawab dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun guru bidang studi bahasa Indonesia sudah sesuai dengan langkah-langkah metode Think Talk Write (TTW). Kegiatan pembelajaran juga diterapkan dengan menggunakan metode Think Talk Write (TTW) sudah berjalan dengan baik dan telah sesuai dengan RPP yang guru susun. Hasil pembelajaran menggunakan metode Think Talk Write (TTW) berhasil mencapai sasaran dan tujuan pembelajaran pada materi menyajikan tanggapan kualitas karya cerpen dalam bentuk teks ulasan sudah memenuhi nilai KKM, yaitu 75. Hal ini menunjukkan bahwa metode Think Talk Write (TTW) dapat memperbaiki kualitas pembelajaran siswa di kelas. Abstract The title of this research is "Think Talk Write (TTW) Method of Use in Learning Presents the Quality of Short Stories in Text Form to Grade VIII Students of SMPN 1 Peureulak". The formulation of the problem of this research is (1) how is the Learning Implementation Plan using Think Talk Writing (TTW) method in learning to present the work quality response in text form to the students of grade VIII SMPN 1 Peureulak? (2) How does the learning process using the Think Talk Write (TTW) method in learning present the quality response in text form to the students of grade VIII SMPN 1 Peureulak? (3) How do the learning outcomes by using the Think Talk Write (TTW) method in learning present the quality response in text form to the students of grade VIII SMPN 1 Peureulak. This research uses qualitative approach with descriptive method. Data analysis technique used is qualitative analysis by using descriptive method. The results of this study obtained from the Learning Implementation Plan (RPP) prepared by teachers of Indonesian language study has been commensurate with the steps of Think Talk Write method (TTW). Learning activities are also done by using the method of Think Talk Write (TTW) that has been running well and in accordance with the RPP that teachers stacking. Learning outcomes using the Think Talk Write (TTW) method successfully achieved the objectives and learning objectives on the materials tailored to the KKM text form, ie 75.

Copyrights © 2022