Untirta Civic Education Journal
Vol 3, No 2 (2018)

PENANAMAN NILAI MORAL KEDISIPLINAN MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN IMPLEMETASI BUDAYA SEKOLAH PADA SISWA SMA

Ani Sulianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai moral kedisiplinan melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan implementasi budaya sekolah pada siswa SMA dan kendala-kendala yang dihadapi dalam menanamkan nilai moral kedisiplinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.  Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu 1). Unitisasi atau kategorisasi 2). Reduksi data, 3). Display data, 4). Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: 1). Peran penting pendidikan kewarganegaraan yaitu pembentukan sikap dan tingkah laku yang taat terhadap aturan baik di sekolah dan di masyarakat. 2) Pengaruh budaya sekolah menjadi pedoman dalam menciptakan pembelajaran yang kondusif dan implementasi dari terlaksananya mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. 3) Kendala dalam menanamkan nilai moral kedisiplinan yaitu kendala internal dengan solusi penyadaran yang dilakukan oleh setiap individu, kendala eksternal yaitu melalui forum dan pendekatan secara personal yang dilakukan dalam menanamkan nilai moral kedisiplinan terhadap siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...