Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Vol 2, No 2 (2018): Vol 2, No 2, Desember 2018

Pendidikan Karakter dalam Extrakurikuler Silat Berbasis Motion Capture Berbantuan Computer Generated Images (CGI) di Sekolah Dasar Kelas Rendah di Indonesia

Muzaki, Ferril Irham (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) melakukan kajian terhadap nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran silat di Sekolah Dasar, (2) membuat pengkajian pola gerakan terhadap gerakan-gerakan bertahan yang bisa digunakan untuk bertahan untuk peserta didik usia sekolah dasar, dan (3) analisis terhadap probalitias penggunaan piranti motion picture untuk melatih peserta didik agar memiliki nilai-nilai karakter dalam kegiatan silat untuk bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah (1) diskusi dengan pakar pendidikan karakter tentang nilai-nilai silat (2) kajian pustaka terhadap literatur dan (3) observasi partisipatif terhadap kegiatan silat di lingkungan sekolah dasar dan masyarakat. Hasil dari penelitian ini (1) nilai-nilai karakter yang bisa ditanamkan adalah kedisplinan serta nilai karakter kehati-hatian dalam bertindak, (2) gerakan yang bisa diterapkan adalah hindar dan elak untuk melatih peserta didik membela diri dan (3) piranti motion capture memiliki peluang untuk koreksi atas gerakan yang dilakukan oleh peserta didik agar lebih akurat dan terarah. Simpulan dari penelitian ini, penanam pendidikan karakter di sekolah dasar dengan silat bisa berbasis peranti motion capture. Disarankan kepada pemangku kebijakan untuk menerapkan peranti ini secara terbatas di Sekolah Dasar yang memiliki kesiapan untuk menerapkan teknologi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

gpji

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Physical Education Arena is published by Department of Sports Science, Faculty of Sports Science State University of Malang (UM). The Indonesian Physical Education Arena is published twice a year in April and October containing articles of research and thought results in the field of ...