Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi
Vol 70 No 2 (2018)

MODEL PEMBELAJARAN LITERASI DASAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN BAHASA DI TAMAN KANAK-KANAK

Ervin Nurul Affrida (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Perkembangan kognitif dan bahasa di Taman Kanak-Kanak dapat dikembangkan melalui pembelajaran literasi. Adapun pembelajaran literasi pada anak berfokus pada menanamkan dasar-dasar literasi sebagai pondasi awal untuk mengembangkan kemampuan literasi anak di jenjang pendidikan selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran literasi dasar di Taman Kanak-Kanak menggunakan model bercerita dengan buku-buku bergambar, model puzzle huruf dan bergambar, serta model pembelajaran audiovisual dengan rekaman suara dan video. Model pembelajaran literasi dasar tersebut berfokus pada empat indikator yaitu aspek kemampuan menyimak, berbicara, menulis, dan membaca.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

whn

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal Wahana Tridharma Perguruan Tinggi Received research papers and literature review studies on Multidisciplinary sciences consisting of applied science, social sciences and humanities, education, psychology, law, engineering, health and pharmacy, technology, management, economy, accounting and ...