Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 6, No 2 (2018): VOLUME 6 NOMOR 2 DESEMBER 2018

MENUMBUHKAN KARAKTER KONSERVASI BIODIVERSITAS MELALUI PENERAPAN SPECIES IDENTIFICATION AND RESPONSE SOFTWARE

Mike Dewi Kurniasih (IKIP Veteran Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Species Identification and Response Software (SIRS) pada Mata Kuliah Konservasi Keanekaragaman hayati dalam menumbuhkan karakter konservasi pada diri mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dengan langkah-langkah penelitian yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Penerapan pembelajaran mata kuliah Konservasi Keanekaragaman Hayati berbasis aplikasi SIRS terbukti mampu meningkatkan nilai-nilai karakter konservasi biodiversitas yang meliputi awareness, knowledge, attitudes, skills dan participation. Kenaikan terbesar terjadi pada participation (50 %), pada aspek knowledge terjadi peningkatan sebesar 6.3 %. Pada indikator attitude terjadi kenaikan sebesar 12.5 %. Indikator skill berada di urutan paling bawah dalam peningkatan masing-masing indikator karakter yang tidak menunjukkan adanya kenaikan yang berarti.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...