AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Vol 8, No 2: Desember 2018

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VIII MTS YKWI PEKANBARU

Wahyuni, Putri ( Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR)
Yolanda, Fitriana ( Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan self-efficacy siswa melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas VIII MTs YKWI Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017 pada materi relasi dan fungsi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar pengamatan, angket dan tes. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi dan self-efficacy siswa dari skor dasar ke UH I, dari UH I ke UH II. Persentase kemampuan komunikasi matematika siswa pada skor dasar adalah 36,87%, pada UH I adalah 47,5% dan pada UH II adalah 72,81%. Sedangkan self-efficacy siswa pada UH 1 54,6 % dan pada UH II 77,2%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan self-efficacy siswa kelas VIII  MTs YKWI Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

AdMathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics ...