ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
Vol 1, No 2 (2018): ECEIJ - MEI

MENINGKATKAN PENERAPAN AKHLAK MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B TK AL-IKHLAS

Nurmiati, Nurmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan akhlak anak melalui metode demonstrasi pada kelompok B TK Al-Ikhlas. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian yang dilaksanakan di TK Al-Ikhlas Desa Pulu Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi. Subyek penelitian pada anak kelompok B TK Al-Ikhlas dengan jumlah anak 16 anak, pada tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data adalah observasi, pemberian tugas dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dinilai dari aspek pada siklus I, kategori anak berkembang sangat baik (BSB) serta anak berkembang sesuai harapan (BSH) sebesar 33%, sementara kategori anak mulai berkembang (MB) serta anak yang belum berkembang (BB) sebesar 67%. Pada siklus II, kategori anak berkembang sangat baik (BSB) serta anak berkembang sesuai harapan (BSH) sebesar 71%, sedangkan kategori anak mulai berkembang (MB) serta anak yang belum berkembang (BB) sebesar 29%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ECEIJ

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Education Indonesian Journal (ECEIO adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi PG-PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu.Jurnal ini menerima tulisan ilmiah berupa laporan penelitian (Original article research paper) dengan focus dan ...