Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 3, No. 1, Juli-Desember 2018

STRATEGI COOVERATIVE LEARNING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Husin Husin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas pengamatan peneliti atas beberapa teori pendidikan yang berkembang di kalangan pendidik, dan beragamnya penerapan dari teori-teori tersebut sehingga juga menghasilkan beragamnya hasil dari kualitas pendidikan yang dilaksanakan. StrategiCooverative Learningmenjadipilihanmenarikbagipenelitiuntukdikaji dan dianalisismelaluipendekatannormative-teologis. Dengan menggunakan metode kualitatif dan analisisayatsecara tahlili, surah al-Maidahayat 2 dan al-Hujuratayat 13 ternyatabisamewakiliteoriCooverative Learningdalampendidikan Islam. Hasil penelitianmenunjukkanbahwanilai-nilaiCooverative Learningyang terdapat pada kedua surah tersebutsepertiprinsip dasar dalam menjalin kerjasama dan saling membantu selama tujuannya adalah kebaikan dan ketakwaan, baiksecarakelompokmaupunperseorangansangatsejalandenganteoriCooverative Learningyang dipahami oleh para pendidik. Hasil daripenelitianinidiharapkandapatmemperkayateoriCooverative Learningtersebutdengannilai-nilaipendidikan Islam sehinggabisamenghasilkanpendekatan yang lebihIslami, sekaligusbisamenanamkankarakterreligiusbagianaksebagai salah sataukarakter yang harusditanamkan oleh pendidikkepadasiswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...