Journal of RESIDU
Vol 1 No 1 (2017): Journal of RESIDU, Desember 2017

PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADANG

Sari, Fitra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2017

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah dan siswa merasa sulit dan bosan saat dalam belajar dan guru juga belu menerapkan model role playing dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 14 Pulau Punjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menanggapi cerita tentang peristiwa pada siswa kelas V SD Negeri Pulau Punjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 14 Pulau Punjung berjumlah 40 siswa, dengan rincian 20 siswa kelas VA dan 20 siswa kelas VB. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode role playing, metode terikat yaitu hasil belajar Bahasa Indonesia. Pala kelas ekperimen menggunakan metode role playing, kelas VA ditetapkan sebagai kelas ekperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar adan lembar evaluasi. Teknik analisis data untuk hasil belajar siswa dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat berupa uji normality dan homogenity serta uji hipotesis menggunakan uji t (t-test). Hasil observasi afektif kelas ekperimen pada rata-rata 91,5 yang berarti masuk kategori tinggi dan kelas kontrol pada rata-rata 70 yang berarti masuk kategori rendah. Berdasarkan hasil uji t (t-test) pada selish skor hasil belajar pada kelas ekperimen dan kontrol diperoleh nilai t sebesar 4,479, nilai t hitung > t tabel (4,479>1.70). Kelas ekperimen memperoleh peningkatan hasil belajar rata-rata sebesar 91,5 sedangkan kelas kontrol sebesar 70. Jadi, hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa kelas ekperimen yang mendapatkan perlakuan khusus dengan metode role playing dibandingkan kelas yang diberi perlakuan dengan pembelajaran biasa menggunakan metode ceramah. Dengan menggunakan metode role playing diharapkan hasil belajar siwa dapat meningkat serta memperoleh nilai yang tinggi untuk siswa kelas V.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

education

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of RESIDU is an open access published by RC-INSTITUT. The main objective of Journal of RESIDU is to provide a platform for the international scholars, academicians and researchers to share the contemporary thoughts in the fields of ...