Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia)
Vol 1 No 2 (2018): Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Rahayu, Erni (Unknown)
Andayani, Andayani (Unknown)
Sumarwati, Sumarwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk meningkatkan: (1) keaktifan siswa dalam kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII-F SMP Negeri 2 Mojolaban; dan (2) keterampilan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII-F SMP Negeri 2 Mojolaban.Penelitian ini merupakan penelitian  tindakan  kelas yang terdiri dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: (1) perencanaan; tahap pelaksanaan; (3) tahap observasi dan interpretasi; dan (4) tahap analisis dan refleksi. Persentase keaktifan siswa pada siklus I adalah sebesar 53% sedangkan pada siklus II menjadi  83%. Persentase peningkatan kemampuan menulis puisi siswa juga dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang bisa menulis puisi yang mencapai skor ≥ 75 setiap siklus. Pada survei awal, persentase siswa yang dapat mencapai nilai kelulusan 14%. Siklus I adalah 46% dan pada siklus II adalah 89%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Lentera merupakan Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkala mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian berupa pengajaran dan pendidikan Bahasa Indonesia. Secara khusus, jurnal ini berisi penelitian tentang pengajaran, pendidikan, bahasa, sastra, dan integrasi nilai ...