Lembaran Ilmu Kependidikan
Vol 47, No 2 (2018): September

Infiltrasi Globalisasi Terhadap Identitas Budaya dan Pendidikan Karakter Negara Berkembang

Susanto, Nanang Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2019

Abstract

ABSTRAKTulisan ini bermaksud menelusuri dampak infiltrasi globalisasi terhadap identitas budaya dan pendidikan karakter dari Negara “Barat” yang superior, kepada Negara “Timur” atau Negara “berkembang” yang inferior. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui kajian pustaka dan analisis wacana. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dalam proses globalisasi, identitas budaya negara berkembang mengambil bentuk Konformasi atau internalisasi. Dimana, identitas budaya yang diperoleh merupakan hasil dari internalisasi dari kultur dominan yang sengaja dipersepsikan sebagai sesuatu yang hebat, kuat dan superior. Tulisan ini juga mengurai pandangan para ahli dan pandangan penulis sendiri untuk memperkuat identitas budaya dan pendidikan karakter, dalam menghadapi globalisasi.Kata Kunci: Globalisasi, Identitas Budaya, Pendidikan Karakter.  ABSTRACTThis paper intends to explore the impact of globalization on cultural identity and educational character, from superior state, toinferior state.This study uses a qualitative approach through literature review and discourse analysis. The results showed that in the process of globalization, the cultural identity of developing countries take the form of conformation or internalization. Where, gained cultural identity is the result of the internalization of the dominant culture that deliberately perceived as something great, powerful and superior. This paper also parse the views of experts and the views of the authors to strengthen cultural identity and character education, in the face of globalization.Keywords: Globalization, Cultural Identity, Character Education.

Copyrights © 2018