Dalam mewujudkan kondisi perekonomian secara makro yang maju dan berkualitas di suatu negara khususnya Indonesia diperlukan pembangunan perekonomian mikro di berbagai wilayah secara merata dan stabil. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kondisi pengembangan pasar bagi para pengusaha UMKM dalam meningkatkan kualitas usaha di Indonesia dan merumuskan rekomendasi penerapan strategi mempertahankan dan peningkatan kualitas UMKM di masa yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan mengunakan analisis deskripsi kualitatif dalam mengkaji setiap data dan informasi dari data statistik di Badan Pusat Statistik Republik Indonesia dan Kementerian UMKM dan Koperasi Republik Indonesia tahun 2009-2014. Hipotetik solution dari kajian ini diharapkan dapat menjadi salah satu masukan bagi pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan pembangunan perekonomian di Indonesia khususnya dalam mengentaskan kemiskinan. Kebijakan penciptaan iklim usaha yang seluas-luasnya bagi UMKM, memperluas akses UMKM terhadap sumber daya produktif, pengembangan bank dalam pemberian kredit dan memberikan akses perbankan seluas-luasnya kepada seluruh pengusaha UMKM, mengembangkan UMKM berkeunggulan kompetitif berbasis IPTEK, mengembangkan UMKM yang berdaya saing internasional, penciptaan lapangan kerja produktif secara mandiri dan program intervensi sosial terutama kelompok rawan pangan dan gizi merupakan solusi yang efektif dalam menghadapi persaingan pasar bebas (MEA, AFTA, ACFTA, WTO, APEC, dll.) dan mendukung program pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan dan pembangunan perekonomian yang merata hingga pelosok daerah di Indonesia.
Copyrights © 2015