JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC
Vol 2, No 1 (2017): september 2017

PENGARUH HASIL BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI FKIP UMSU

Indra Maryanti (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU))
Sri Wahyuni (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU))
Ellis Mardiana Panggabean (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU))



Article Info

Publish Date
29 Oct 2017

Abstract

Model pembelajaran, metode pembelajaran dan teknik pembelajaran yang digunakan oleh dosen akan mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Salah satu model pembelajaran yang merupakan model pembelajaran student centered adalah Problem Based Learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah.Adapun tujuan penelitian ini: (1) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap hasil belajar mahamahasiswa pada mata kuliah aljabar linier elementer prodi pendidikan matematika FKIP UMSU. (2) Berapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Berbasis masalah (PBM) terhadap hasil belajar mahamahasiswa pada mata kuliah aljabar linier elementer prodi pendidikan matematika FKIP UMSU? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu.Adapun teknik analisis data dilakukan dari tahapan uji deskripsi data, selanjutnya uji prasyarat yaitu uji normalitas dan kelinieritasan, kemudian uji hipotesis. Langkah-langkah dalam penelitian adalah sebagai berikut : (1) Peneliti memberikan stimulus untuk kelas sample yaitu dengan model pembelajaran Berbasis Masalah; (2) Pada saat poses pembelajaran dosen melihat keaktifan belajar mahasiswa; (3) Memberikan tes essay untuk melihat tingkat keberhasilan mahasiswa dalam pembelajaran; (4) Melakukan uji statistik untuk melihat pengaruh hasil belajar mahasiswa menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Berbasis masalah (PBM) terhadap hasil belajar mahamahasiswa pada mata kuliah aljabar linier elementer prodi pendidikan matematika FKIP UMSU yaitu sebesar 75,8%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Paedagogic (JMP) contains about the research result and the study result in the field of matehematics education, pure mathematics, and applied mathematics. This journal has been published since september 2010, but it repackaged the volume in ...