JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC
Vol 3, No 1 (2018): September 2018

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN SELF-EFFICACY SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP

meirisa sahanata (Meirisa Sahanata, Universitas Jambi e-mail: sahanatameirisa07@gmail.com)
Kamid kamid (universitas jambi)
Syaiful Syaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2018

Abstract

Quasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Educaton (RME) dan self-efficacy siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP, teknik sampling yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIIA dan VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal tes untuk melihat hasil belajar matematika siswa dan angket self-efficacy untuk melihat tingkat self-efficacy siswa. Analisis data dilakukan dengan uji statistik anova dua jalur dan uji lanjut dengan menggunakan uji tukey. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran dan self-efficacy siswa secara bersama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII. Tidak terdapat pengaruh self-efficacy siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP dan terdapat interaksi antara pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan self-efficacy siswa dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP.Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Self-Efficacy, Hasil Belajar matematika Siswa  

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Paedagogic (JMP) contains about the research result and the study result in the field of matehematics education, pure mathematics, and applied mathematics. This journal has been published since september 2010, but it repackaged the volume in ...