JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC
Vol 2, No 2 (2018): Maret 2018

UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI METODE LATIHAN (DRILL)PADA MATERI PERKALIAN

Hasni Suciawati (Universitas Quality Medan)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyak siswa yang mengalami kesulitan mengingat dan memahami perkalian mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dilakukan perbaikan pembelajaran melalui metode pelatihan yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas MIS Alkhairat Delitua. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar MIS Alkhairat yang menjadi subyek siswa kelas empat yang berjumlah 30 siswa, sekaligus menjadi objeknya adalah untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran melalui Metode Latihan Multiplikasi Material di MIS Alkhairat keempat. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research (CAR). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar uji dan observasi yang telah divalidasi oleh valodator. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus dilakukan selama 2 jam pelajaran. Dari hasil yang diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan II masing-masing sebesar 61,67 dan 75,67. Implementasi pembelajaran diukur melalui kegiatan lembar observasi guru dan aktivitas siswa dan masing-masing mencakup kedua kategori tersebut. Dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik dan melalui metode pelatihan meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi perkalian matematika di kels IV MIS Alkhairat Delitua . Kata kunci: Hasil Belajar,  Metode Pelatihan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Paedagogic (JMP) contains about the research result and the study result in the field of matehematics education, pure mathematics, and applied mathematics. This journal has been published since september 2010, but it repackaged the volume in ...