AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA
Vol 9, No 1 (2019)

Pengembangan Bahan Ajar (Modul) Sejarah Indonesia Berbasis Candi-Candi Di Blitar Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah

Wafiyatu Maslahah (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)
Lailatul Rofiah (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan jangka panjang yakni supaya pembelajaran sejarah Indonesia lebih bermakna dan mampu menanamkan sikap kepada peserta didik. Target yang ingin dicapai dalam penelitian ini yakni dapat menghasilkan sebuah produk bahan ajar (modul) yang dapat digunakan untuk melengkapi pembelajaran sejarah Indonesia pada Madrasah Aliyah Swasta Se-Kabupaten Blitar serta dapat menumbuhkan kesadaran sejarah pada siswa. Rencana penelitian akan menggunakan model pengembangan  (Research and Development). Langkah-langkah yang akan dilakukan yaitu 1.) studi pendahuluan dilakukan dengan menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif, 2.) tahap observasi untuk mengumpulkan informasi tentang candi-candi di Blitar, 3.) tahap pengembangan desain bahan ajar (modul) yaitu a.) Mendesain, b.)Validasi desain oleh ahli, c.) Revisi desain, d.) Uji coba produk, e.) Mengevaluasi dan merevisi produk, f.) Uji coba pemakaian, g.) Revisi produk, h.) Produksi, 4.) tahap uji efektifitas bahan ajar (modul) untuk meningkatkan keasadaran sejarah dengan eksperimen quasi dengan tahap sebagai berikut a.) Uji normalitas, b.) Uji Homogenitas, dan b.) Uji t.  Hasil dari penelitian ini bahwa 1.) pengembangan bahan ajar (modul) sejarah indonesia berbasis candi-candi di kabupaten blitar untuk meningkatkan kesadaran sejarah memiliki kelayakan karena telah dilakukan validasi oleh validator  dengan diperoleh nilai rata-rata 3,75. Dilakukan uji terbatas dan uji lebih luas dengan masing-masing rata-rata yang diperoleh 3,5 dan 3,775. 2.) Efektifitas pengembangan bahan ajar (modul) sejarah Indonesia berbasis candi-candi di Kabupaten Blitar yang dikembangkan untuk meningkatkan kesadaran sejarah sangat efektif diketahui bahwa thit : 4,823 > ttab 1,683 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JA

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya is a biannual journal, published by Universitas PGRI Madiun on January and July, with regitered number ISSN 2087-8907 (printed), ISSN 2502-2857 (online). Agastya provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, to deliver and share ...