SIGMA
Vol 2, No 1 (2016): JURNAL SIGMA

PEMAHAMAN KONSEP PERBANDINGAN SISWA SMP BERKEMAMPUAN MATEMATIKA RENDAH

Harfin Lanya (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep perbandingan siswa SMP berkemampuan matematika rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII (laki-laki) SMPN 4 Pamekasan yang berkemampuan matematika rendah. Peneliti memberikan tes dan melakukan wawancara untuk memperoleh data pemahaman subjek terhadap konsep perbandingan. Untuk memperoleh data yang valid, peneliti melakukan triangulasi. Kemudian data yang valid dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan yang menghasilkan pendeskripsian pemahaman konsep perbandingan siswa SMP berkemampuan matematika rendah. Subjek berkemampuan matematika rendah tidak mampu menyatakan definisi perbandingan menggunakan bahasanya sendiri. Namun, subjek mampu menyatakan definisi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Subjek mampu menyebutkan karakteristik suatu persoalan tergolong perbandingan senilai ataupun berbalik nilai. Namun, subjek tidak mampu memberikan contoh suatu persoalan tergolong perbandingan senilai ataupun berbalik nilai. Dalam menyelesaikan soal perbandingan senilai subjek mampu menyelesaikannya dengan benar. Namun, subjek merasa kesulitan untuk menyelesaikan soal perbandingan berbalik nilai. Subjek menyelesaikan soal perbandingan berbalik nilai menggunakan konsep perbandingan senilai.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnal_sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal SIGMA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. Artikel yang dimuat meliputi tulisan tentang pembelajaran baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi dalam bentuk: Temuan Penelitian, pembelajaran bidang studi ...