Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 3 No 1 (2018): Vol.3 No.1 (2018)

Peningkatan Hasil Belajar Menulis Wacana Yang Bercorak Naratif,Deskriptif,Ekspositiris,Dan Argumentatif,Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Model Rotating Trio Exchange Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Barat Kabupaten Magetan

Sulastri , (SMA Negeri 1 Barat Kabupaten Magetan)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Menulis Wacana Yang Bercorak Naratif, Deskriptif, Ekspositiris, dan Argumentatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui Pembelajaran Kooperatif model Rotating Trio Exchange Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Barat Kabupaten Magetan Semester II Tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil observasi di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Barat Kabupaten Magetan, maka diperoleh data rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebagai perwujudan tanggung jawab peneliti yang juga guru mata pelajaran Kompetensi Kejuruan di Kelas XI IPS 1, maka peneliti menawarkan penerapan pembelajaran kooperatif model Rotating Trio Exchange. Diharapkan dengan adanya penerapan pembelajaran kooperatif model Rotating Trio Exchange ini terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia, mean skor meningkat menjadi 75 atau lebih dan siswa yang dinyatakan tuntas belajar mencapai 75% dari keseluruhan jumlah siswa di Kelas XI IPS 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dapat ditingkatkan dengan pembelajaran kooperatif model Rotating Trio Exchange. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kenaikan nilai rerata kelas dalam setiap siklusnya. Masing-masing siklus I sebesar 73,29, siklus II sebesar 78,29 dan siklus III 84,14. Selain itu peningkatan ini juga didukung dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 62,86%, siklus meningkat menjadi 80,00% dan siklus III meningkat dengan pesat sebesar 97,14%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...