JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 3 (2018): December 2018

PEMANFAATAN PERMAINAN TEPUK DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK FISIK MOTORIK PADA ANAK USIA DINI

Mohammad Fauziddin (Prodi PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2018

Abstract

Bermain merupa metode pembelajaran yang paling sesuai dengan pembelajaran pada anak usia dini. Permainan tepuk merupakan salah satu dari jenis bermain yang diterapkan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tujuan Pendidikan pada anak usia dini adalah mengembangkan 6 aspek perkembangannya yakni; aspek norma agama dan moral, aspek fisik motorik, aspek kogniti, aspek sosial emosional, aspek bahasa dan aspek seni. Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan permainan tepuk dalam pada mengembangkan aspek fisik motorik pada anak usia dini. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B Taman Kanak-Kanak (TK) Flamboyan Mekar kecamatan Tapung Kabupaten Kampar sejumlah 14 anak perempuan dan 8 anak lak-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode kuesioner, dan metode wawancara. Penelitian ini melibatkan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Tapung untuk memperoleh masukan dalam pengembangan permainan tepuk agar memperoleh hasil yang maksimal. Dari data penelitian didapatkan bahwa dengan permainan tepuk dapat meningkatkan motorik halus anak usia dini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...