JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia)
Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Number 1 March 2019

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika

Silfanus Jelatu (STKIP Santu Paulus)
Maria Irmayati Amul (STKIP Santu Paulus)
Eufrasia Jeramat (STKIP Santu Paulus)
Ricardus Jundu (STKIP Santu Paulus)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran  matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung pada siswa kelas XI SMAK St. Thomas Aquinas Ruteng tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Bahasa SMAK St. Thomas Aquinas Ruteng tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri atas dua kelas dengan jumlah 64 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan random kelas. Jumlah sampel penelitian adalah 64 orang. Data kemampuan penalaran matematis dikumpulkan dengan tes uraian. Data dianalisis dengan menggunakan uji . Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil perhitungan thitung = 6,003  dan  ttabel=1,999pada taraf signifikan 5% dengan dk = 62. karena thitung > ttabel  maka ditolak dan diterima, yang artinya kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPMI

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), e-ISSN: 2477-8443, p-ISSN: 2477-5959 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and studies in the field of science ...