JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 3 No 1 (2016): JKIP

EFEKTIVITAS MODEL PENGALAMAN BERBAHASA TERKONSENTRASI (CONCENTRATED LANGUAGE -ENCOUNTER) DALAM PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SINJAI SELATAN KABUPATEN SINJAI

Latief, Syekh Adiwijaya (Unknown)
Wahid, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pengalaman berbahasa terkonsentrasi (concentrated language encounter) dalam pembelajaran  kemampuan membaca intensif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII Negeri 5 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen dan kontrol dengan jumlah sampel 48 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar, observasi, dan angket Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial jenis uji t one-sample statistics. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa terdapat dua puluh tiga (95,83%) orang siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal, sedangkan hasil belajar pada posttest kelas kontrol sembilan belas (79,16%) orang siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. hasil analisis statistik menggunakan program SPSS versi 20 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung sebesar 2.593 pada taraf signifikan p = .016 karena p < α = 0,05 maka H0 ditolak, dan H1 diterima. berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran kemampuan membaca intensif setelah diterapkan model pengalaman berbahasa terkonsentrasi (Concentrated Language Encounter)  pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian model pengalaman berbahasa terkonsentrasi (Concentrated Language Encounter) efektif dalam pembelajaran kemampuan membaca intensif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sinjai Selatan Kab. Sinjai.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics

Description

JKIP adalah Jurnal kependidikan dan keguruan yang telah mendapat beberapa indeksasi nasional dan internasional. Tema yang diangkat adalah kesusasteraan, seni, bahasa (Indonesia dan Inggris), sosiologi, kewarganegaraan, fisika, matematika, biologi, anak usia dini, teknologi pendidikan, guru sekolah ...