Journal JCONES
Vol 5, No 2 (2016)

KECERDASAN KOMPUTER PADA PERMAINAN TIC TAC TOE DENGAN METODE GAME TREE

Hidayat, Rendi Arief ( STIMIK STIKOM Surabaya)
Rasmana, Susijanto Tri (Unknown)
Susanto, Pauladie (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2018

Abstract

Banyak aplikasi-aplikasi tentang permainan Tic Tac Toe dengan berbagai Artificial Intelligence(AI) dengan berbagai metode. Pada umumnya, permainan Tic Tac Toe hanylah permainan kertas dan pensil untuk dua pemain, yang bergiliran menandai ruang dalam kotak berukuran 3 x 3.            Dalam pengerjaan Tugas Akhir ini dilakukan pengembangan permainan Tic Tac Toe dengan memberi kecerdasan kepada komputer guna sebagai lawan bermain untuk manusia dengan Metode Game Tree. Metode Game Tree digunakan untuk melihat kedepan langkah-langkah permainan selanjutnya dengan melihat 2 langkah kedepan.            Pengujian aplikasi terdiri dari 2 tahap yaitu pengujian Metode Game Tree sebanyak 2 kondisi papan permainan dan pengujian pengambilan keputusan melangkah komputer sebanyak 2 kondisi papan permainan dengan memilih nilai yang terkecil bagi manusia. Dengan 20 patisipan yang bermain melawan komputer, komputer belum kalah oleh manusia. Kata Kunci : Game Tree, Tic Tac Toe, Nilai, Artificial Intelligence 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jcone

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Control and Network Systems (JCONES) adalah jurnal elektronik yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Sistem Komputer Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. JCONES merupakan jurnal untuk publikasi hasil penelitian para peneliti di bidang teknologi kontrol otomasi ...