Indonesian Journal of Primary Education
Vol 2, No 2 (2018): Indonesian Journal of Primary Education: December 2018

Desain Augmented Reality dalam Matakuliah Pendalaman Materi IPA

Rizki Hadiwijaya Zulkarnaen (Universitas Perjuangan Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2019

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi senantiasa beiringan dengan perkembangan jaman. Dinamika perkembangan teknologi memberikan budaya baru bagi kehidupan manusia. Ketergantungan seseorang dalam penggunaan teknologi dalam hal ini smartphone menjadi salah satu ciri terjadinya pergeseran budaya. Hasil analisa studi lapangan menunjukkan bahwa peran smartphone erat kaitannya dengan kehidupan, namun demikian masih minim digunakan untuk pembelajaran. Artikel ini menjelaskan keterkaitan peran smartphone dalam pembelajaran khususnya pembalajaran IPA. IPA merupakan bidang ilmu yang menekankan pada proses yang didalamnya tidak hanya mempelajari konsep yang konkrit namun juga absktrak. Kesulitan dalam mempelajari konsep yang abstrak menjadi salah satu kedala dalam memahami pembelajaran IPA. Desain augmented  reality dijadikan salah satu solusi peneliti dalam hal ini. augmented reality merupakan salah satu aplikasi smartphone yang dapat menghubungkan dunia nyata dengan maya, sehingga melalui aplikasi program ini konsep abstrak dalam pembelajaran IPA dapat divisualisasikan dengan baik dengan demikian mahasiswa lebih mudah untuk  memahaminya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, ...