Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis
Vol 7, No 1 (2018): Berkala Ilmiah Agribisnis Agridevina

STRUKTUR DAN PERILAKU PASAR BERAS SURABAYA

Septya, Fanny (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Widayanti, Sri (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Sudiyarto, Sudiyarto (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Amir, Indra Tjahaja (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Surabaya sebagai tujuan pasar utama memberi gambaran menarik tentang struktur, perilaku dan kinerja pasar beras. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis struktur dan perilaku pasar beras di Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Mei-Juni 2018 dengan memilih 30 responden secara sengaja berdasarkan prinsip keterwakilan wilayah dan karakteristik lembaga pemasaran di Pasar Beras  Surabaya. Metode penelitian yang dilakukan adalah survey kepada penggilingan, pedagang pengumpul, pedagang besar dan pedagang eceran, wawancara mendalam dengan instansi terkait yakni Bulog, BPS, dan Disperindag, studi literatur dan pengumpulan data sekunder yang mendukung penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan struktur pasar (indikator diferensiasi) dan perilaku pasar beras Surabaya serta analisis kuantitatif untuk mengukur rasio konsentrasi dalam penetuan struktur pasar. Berdasarkan hasil analisis, struktur pasar beras di tingkat penggilingan dan pedagang eceran termasuk pasar persaingan dengan konsentrasi lemah, sedangkan di tingkat pedagang pengumpul dan pedagang besar termasuk pasar persaingan dengan konsentrasi sedang. Namun temuan pada indikator diferensiasi menyatakan struktur pasar beras Surabaya mengarah pada pasar monopolistic. Berdasarkan hasil analisis perilaku pasar, fungsi grading, pengemasan dan pemberian merek oleh pedagang besar mendorong terciptanya diferensiasi produk sehingga mereka dapat melakukan kolusi penetapan harga untuk mencapai tingkat keuntungan tertentu. Implikasi kebijakan berdasarkan hasil penelitian ini yakni diperlukan peran Bulog dan Disperindag dalam mendukung pengolahan dan pemasaran beras petani lokal menjadi produk pangan yang berkualitas sehingga beras petani lokal memiliki kualitas, harga serta pasar yang lebih baik. DOI  https://doi.org/10.33005/adv.v7i1.1128

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sear

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Berkala ilmiah Agribisnis Agridevina dipublikasi oleh Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur yang membuat tulisan ilmiah di bidang Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. Agridevina terbit dua kali dalam satu tahun (Juli dan Desember) ...