Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education
Vol 1, No 2 (2018): November

PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK

Laila Nurjannah (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Zalyana Zalyana (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap aspek perkembangan sosial emosional anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak (TK) Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan one-group pretest-posttest design untuk mengetahui perbandingan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik usia 5-6 tahun kelompok B, dan objek penelitian  adalah pengaruh metode bermain peran terhadap aspek perkembangan sosial emosional. Populasi penelitian ini adalah anak didik di TK Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru berjumlah 60 anak, dengan sampel berjumlah 20 anak yang terdiri dari kelas B1 yaitu kelas kontrol sebanyak 10 anak, dan B2 yaitu kelas eksperimen sebanyak 10 anak. Sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu dengan penentuan sampel melalui pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver. 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung =56,236 dengan Sig = 0,000. Karena nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah pemberian perlakuan dalam metode bermain peran. Jadi Ho ditolak Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh sebelum dan sesudah diberi perlakuan terhadap perkembangan sosial emosional anak. Pengaruh metode bermain peran terhadap aspek perkembangan sosial emosional anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak (TK) Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru sebesar 92,17%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

KINDERGARTEN

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan November, memuat artikel hasil Kajian Teori dan Praktik di bidang Pendidikan Anak Usia ...