J-MKLI (Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia)
Vol 2 No 2 (2018)

Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Biaya Beralih serta Kepercayaan Merek Terhadap Retensi Pelanggan Kereta Api Mutiara Timur di DAOP IX Jember

Moh Lukman Syaifulloh (FEB, Universitas Jember)
Deasy Wulandari (Unknown)
Mochammad Farid Afandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari kepuasan pelanggan dan biaya beralih serta kepercayaan merek terhadap retensi pelanggan kereta api Mutiara Timur di DAOP IX Jember. Jenis penelitian adalah explanatory rasearch. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan jasa kereta api Mutiara Timur di Daop IX Jember. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 119 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan pendekatan confirmatory. Variabel yang digunakan sebanyak 4 variabel. Hasil penelitian ini adalah kepuasan pelanggan dan biaya beralih serta kepercayaan merek berpengaruh positif signifikan terhadap retensi pelanggan kereta api Mutiara Timur di DAOP IX Jember.

Copyrights © 2018