Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Pengelolaan Biaya Pendidikan yang Efektif pada Pelaksanaan Program Kegiatan PAUD Rinjani Sebagai Lembaga Trifungsi Pendidikan (TPA, KB dan TK)

Baiq Rohiyatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2018

Abstract

Pengelolaan biaya pendidikan yang transparan dan akuntanbel akan mendorong terjadinya pengelolaan biaya pendidikan yang efekif. Sedangkan pengelolaan yang efektif pada dasarnya melaksanakan manajemen yang meliputi proses: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (directing), dan pengendalian (controlling) berbagai usaha anggota organisasi dan penggunaan sumber –sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.  Tujuan penelitian adalah: Bagaimana pengelolaan biaya pendidikan lembaga trifungsi yang diselenggarakan oleh PAUD Rinjani. Penelitian ini menggunakan   pendekatan   kualitatif. Sedangkan jenis penelitian adalah studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) Wawancara Mendalam (indept interview), (2) observasi Berperan serta, (3) studi dokumen. Tehnik analisis data adalah suatu proses sistematis pencarian dan penyesuaian transkip wawancara,   catatan   lapangan,   dan   materi   lainnya   yang   telah   terkumpul   untuk meningkatkan pemahaman dan kemungkinan seseorang menyajikan apa-apa yang telah ditemukannya kepada orang lain. Temuan penelitian yaitu perencanaan yang dilakukan oleh PAUD Rinjani Unram dalam pengadaan biaya pendidikan melibatkan team pengelolaan PAUD Rinjani Unram. Dalam  penelitian  ini  ditemukan  berbagai bentuk  bantuan  dana PAUD  yang diperoleh  dari or a ngt u a  pe ser ta  di dik,  yai t u  b er up a  iuran bulanan,  sumbangan  sukarela  yang dapat berupa uang atau barang (bahan sembako seperti beras, kacang ijo, susu),  bantuan tenaga, dan  sebagai narasumber.  Untuk mekanisme penetapan biaya pendidikan peserta didik melibatkan semua pemangku kepentingan internal antara lain: Pembina PAUD, pengelola, kepala sekolah dan guru sedangkan dalam penyusunan Rencana anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) disesuaikan dengan pemasukan  dan pengeluaran keuangan PAUD. Dalam menyusun RAPBS, prinsip penentuan program yang akan dimasukkan kedalam draf usulan RAPBS dilakukan berdasarkan tingkat urgensinya. Kepala PAUD Rinjani berpendapat bahwa program yang wajib diprioritaskan adalah program yang berkenaan dengan proses pembelajaran. Untuk tahap akhir yaitu evaluasi dalam rangka pertanggungjawaban penggunaan anggaran. Menurut Kepala sekolah untuk laporan RAPBS dilakukan setiap bulan untuk lembaga dan untuk dana bantuan yang ada seperti BOP satu kali dalam setahun. Sedangkan untuk laporan rutin bulanan disampaikan kepada Ketua Yayasan dan BPPU Universitas Mataram, sedangkan untuk laporan dana BOP kedinasan Pendidikan Kota Mataram. Adapun saran-saran dari hasil penelitian ini sebagai berikut: 1. Bagi Kepala Sekolah PAUD Rinjani Unram hendaknya memperhatikan kelengkapan dokumen penyusunan RAPBS, seperti struktur tim penyusun, notulensi rapat penyusunan RAPBS, dan rincian RAPBS yang jelas tentang sumber dana dan alokasi belanjanya, 2. Diharapkan mampu memperhatikan analisis lingkungan internal dan eksternal sekolah, dengan maksud agar penyusunan RAPBS sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah, 3. Diperlukan sosialisasi dan koordinasi yang lebih intensif dari Kepala Sekolah kepada semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam penyusunan RAPBS. Hal ini dalam rangka mempermudah untuk menyamakan persepsi antar pihak tentang penyusunan RAPBS

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...