Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi Lingkaran melalui penerapan metode pembelajaran teams geams tournament) di kelas VII A MTs N 2 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali tatap muka. Berdasarkan data yang diperoleh baik pada pelaksanaan Teams Games maupun Tournament diperoleh bahwa skor motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan di setiap siklus. Untuk rata-rata skor motivasi belajar siswa pada siklus I, II, dan III masing-masing mencapai 2,75; 3,24; dan 4,04. Sedangkan untuk rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 57,89 dengan ketuntasan 29,17%; rata-rata hasil belajar pada siklus II 70,80 dengan ketuntasan 59,40%, dan rata-rata hasil belajar pada siklus III 80,6 dengan ketuntasan 100%. Dengan tercapainya indikator keberhasilan, maka penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar di kelas VII A MTs N 2 Mataram.
Copyrights © 2017