Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GEAMS TAOURNAME TERHADAP MOTIVASI DAN HASI BELAJAR SISWA MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Karyani Karyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  hasil belajar matematika siswa materi Lingkaran  melalui penerapan metode  pembelajaran   teams geams tournament) di kelas VII A MTs N 2 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali tatap muka. Berdasarkan data yang diperoleh baik pada pelaksanaan Teams Games maupun Tournament diperoleh bahwa  skor motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan di setiap siklus. Untuk rata-rata skor motivasi belajar siswa pada siklus I, II, dan III masing-masing mencapai 2,75; 3,24; dan 4,04.   Sedangkan untuk rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 57,89 dengan ketuntasan 29,17%; rata-rata hasil belajar pada siklus II 70,80 dengan ketuntasan 59,40%, dan rata-rata hasil belajar pada siklus III 80,6 dengan ketuntasan 100%. Dengan tercapainya indikator keberhasilan, maka penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar di kelas VII A MTs N 2 Mataram.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...