Pada umumnya, mahasiswa masih sering melakukan kebiasaan belajar yang buruk yaitu belajar semalam suntuk ketika akan menghadapi ujian saja dan minat belajarpun masih kurang. Padahal efektivitas belajar tergantung pada kebiasaan belajar yang baik dan juga minat belajar mahasiswa. Desain penelitian ini adalah analitik. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Populasi penelitian ini adalah 43 mahasiswa dengan besar sampel 40 mahasiswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner dan dokumentasi dengan distribusi frekuensi dan uji statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir seluruhnya (80%) mahasiswa memiliki kebiasaan belajar cukup sebanyak 32 mahasiswa, hampir seluruhnya (95%) mahasiswa memiliki minat belajar sedang sebanyak 38 mahasiswa, hampir seluruhnya (77,5%) mahasiswa dengan indeks prestasi memuaskan (2,00 – 2,75) sebanyak 31 mahasiswa dan terdapat ada hubungan antara kebiasaan dan minat belajar dengan indeks prestasi mahasiswa. Hal tersebut terbukti dengan analisis regresi ganda koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,018 dengan signifikansi 0,000. Simpulan dari penelitian ini adalah kebiasaan dan minat belajar mahasiswa cukup dengan indeks prestasi kurang dari standar. Hal tersebut menunjukkan bahwa indeks prestasi mahasiswa dipengaruhi oleh kebiasaan dan minat belajar. Untuk itu disarankan agar orang tua mahasiswa sebaiknya juga ikut bertanggung jawab terhadap keberhasilan belajar putra putrinya dengan selalu memperhatikan kebiasaan dan minat belajar. Dalam kegiatan belajar mengajar, dosen juga diharapkan dapat menanamkan kebiasaan belajar yang baik dan minat belajar yang tinggi tanpa membeda-bedakan status sosial dan taraf pikir mahasiswa. Dan bagi mahasiswa sendiri harus benar-benar memperhatikan kebiasaan belajarnya dan terus berusaha meningkatkan minat belajar agar mendapatkan kesuksesan dalam studi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016