Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK BERBANTUAN ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL SISWA SMAN 7 MATARAM NTB

Candra Candra (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran resolusi konflik berbantuan asesmen portofolio terhadap hasil belajar PKn ditinjau dari sikap sosial siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 7 Mataram pada tahun pelajaran 2011/2012 dengan rancangan penelitian Post Test Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 158 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Kelas. Hasil penelitian menunjukan: (1) tidak ada perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik berbantuan asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvesional,dengan hasil uji hipotesis diperoleh Fhitung = 1,953 < Ftabel = 3,96, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan sikap sosial terhadap hasil belajar PKn, diperoleh hasil uji hopetesis FABhitung = 26,432>Ftabel 3,96, (3) untuk siswa yang memiliki sikap sosial tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik berbantuan asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvesional, dengan hasil uji Tukey diperolehQhitung= 6,545>Qtabel3.74, (4) untuk siswa yang memiliki sikap sosial rendah, terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran konvesional dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik berbantuan asesmen portofolio, dengan hasil uji Tukey diperolehQhitung = 3,743>Qtabel3,74. Berdasarkan pada temuan-temuan tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model resolusi konflik berbantuan asesmen portofolio dan sikap sosial siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Mataram.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...