Banyaknya supermarket di kota mataram yang ada memberikan banyak pilihan bagi konsumen untuk memilih tempat berbelanja. Untuk merebut perhatian konsumen, suatu supermarket harus mempunyai karakteristik atau ciri tertentu yang berbeda dari pesaingnya yang dapat diunggulkan. Hal ini dapat mendorong minat konsumen untuk berkunjung dan berbelanja di supermarket mereka. Penelitian deskriptif adalah suatu metode dalam menganalisi suatu kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas pristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-safat serta hubungan anatara penomena yang diselidiki. Hasil penelitian dilakukan pemetaan supermarket di kota mataram yang memenuhi variabel – variabel penelitian yang sesuai keinginan partisipan. berikut ini adalah peringkat supermarket-supermarket di mataram yang secara umum dapat memenuhi semua kategori yang diminta oleh variabel penelitian. peringkat ini menggambarkan persaingan di kota mataram dalam jenis jasa retail besar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017