Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2018): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara

Eksplorasi Kemampuan Matematis Siswa Berdasarkan Pola Sidik Jari

Lina Rihatul Hima (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

Sidik Jari merupakan karakteristik yang dimiliki oleh setiap orang dan pasti berbeda. Ibaratnya, sidik jari merupakan barcode pada masing-masing orang. Guratan-guratan garis pada jari-jari siswa diramalkan mempunyai pola yang dapat menggambarkan kemampuan matematis. Dalam penelitian ini, peneliti hanya meneliti kaitan sidik jari dengan kemampuan berhitung, logika dan geometri pada siswa. Diawali dengan peneliti mengambil sidik jari siswa, kemudian melakukan uji tes tertulis pada siswa sampai uji keabsahan data penelitian. Berdasarkan analisis keterkaitan antara tes pertama, tes kedua dan pola sidik jari yang dimiliki siswa, maka diperoleh suatu kesimpulan yaitu siswa yang unggul dalam kemampuan berhitung adalah siswa yang memiliki pola sidik jari whorl. Siswa yang unggul dalam kemampuan logika matematis adalah siswa yang memiliki pola sidik jari Loops. Siswa yang unggul dalam kemampuan geometri adalah siswa yang memiliki pola sidik jari Loops. Jika tes sidik jari ini dilakukan sejak dini pada siswa, maka kemampuan matematis siswa dapat diketahui, sehingga jika tes menunjukkan kekurangan kemampuan pada siswa maka dapat segera dicarikan solusi. Dengan demikian kegiatan belajar mengajar di sekolah terhadap mata pelajaran matematis dapat berjalan dengan efektif, sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...